Mengenal Hortikultura Microgreen dan Jenisnya

hortikultura microgreen

Pertanian modern atau hortikultura saat ini sedang naik daun terutama berbentuk microgreen. Masyarakat perkotaan semakin sadar akan gaya hidup sehat. Itu karena mereka tidak ingin terpapar risiko penyakit dari luar. Itulah sebabnya hal ini membuat semakin banyak orang mulai berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi menggunakan berbagai macam cara. Salah satu inovasi yang bisa digunakan bagi masyarakat perkotaan adalah dengan memanfaatkan microgreen.

Dengan adanya microgreen tentu dapat memberikan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Sehingga siapapun yang tinggal pada hunian dengan lahan terbatas tetap dapat bercocok tanam seperti yang diinginkan. Minimal tanaman yang ditanamnya sendiri bisa dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi pribadi. Prinsipnya adalah harus hemat tempat, waktu, biaya, namun juga bermanfaat untuk tambahan menu makanan sehat seperti pada umumnya. Supaya Anda bisa lebih paham mengenai microgreen dengan lebih lengkap lagi, maka artikel kali ini akan membahasnya.

Mengenal Microgreen

Microgreen adalah tanaman mini yang merupakan sayuran segar. Tanaman ini berasal dari berbagai macam sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat secara umum. Namun meski begitu, ternyata tidak semua tanaman dapat memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai tanaman mini seperti ini.

Jenis tanaman ini biasanya ditanam dan dipanen pada saat akan dikonsumsi saja. Jadi hasilnya lebih segar dan aman untuk dikonsumsi kapan saja. Microgreen itu biasanya paling sering digunakan sebagai garnish atau menghias sajian makanan. Namun jenis hiasan ini bisa dimakan dan tidak akan merusak citarasa makanan utama.

Maka dari itu, Anda tentu tidak asing dengan sajian makanan berbentuk daun mini dan batang saat membeli makanan di beberapa restoran tertentu. Banyak yang mengira bahwa microgreen dan kecambah adalah jenis tanaman serupa, padahal keduanya jelas sangat berbeda sekali.

Kecambah biasanya berasal dari famili kacang-kacangan. Jenis tanaman ini biasanya ditanam dalam waktu yang lebih singkat. Yaitu hanya ditanam kurang dari 10 hari saja. Sedangkan microgreen berasal dari berbagai jenis sayuran dan biasanya selalu ditanam mulai dari 1 minggu hingga 3 minggu lamanya.

Menariknya lagi adalah saat ini ada banyak jenis tanaman mini yang bisa dikonsumsi dengan cara ditanam seperti ini. Selain itu, bagi yang tinggal di Indonesia seharusnya lebih bersyukur karena cukup mudah mendapatkan variasi jenis sayurannya seperti ini.

Umumnya biasanya beberapa jenis tanaman yang populer dan memiliki rasa enak adalah selada air, chia, kemangi, kol, lobak, dill, bayam perancis, ketumbar, bit, wortel, garden cress, sawi hijau, bunga matahari, seledri. mizuna, chives dan masih banyak lagi. Hampir semua tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis, terutama di Indonesia.

Tanaman microgreen semakin digemari banyak orang seiring berkembangnya tren makanan sehat. Mau punya rumah dengan harga terjangkau namun berkualitas karena berada di kawasan yang masih sejuk dan berudara segar yang baik bagi kesehatan?

Kandungan Gizi Microgreen

Kandungan nutrisi dari microgreen diklaim 40% lebih banyak dibanding sayuran yang dipanen pada saat usia matang atau tua. Ini disebabkan salah satunya karena faktor metabolisme dalam tubuh tanaman yang masih terus berlangsung secara aktif. pada dasarnya, kandungan nutrisi setiap jenis microgreen berbeda sesuai famili tanaman. Namun beberapa nutrisi pokoknya sama.

kandungan pokok microgreen Kalsium, zat besi, magnesium, zinc tembaga, dan Vitamin A, B, D, dan K
Nutrisi microgreens wheatgrass

Karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, microgreen sering disebut sebagai tanaman juara. Microgreen adalah tanaman yang masih dalam tahap pertumbuhan awal. Dimana kandungan asam amino masih melimpah. Seperti diketahui, jenis protein ini sangat berguna dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Kandungan klorofil dalam jenis microgreen berdaun hijau juga masih sangat tinggi. Ini memiliki manfaat bagi terutama untuk sistem pencernaan dengan rasa yang enak.


Yuk, cek artikel lainnya yang pasti tidak kalah menarik:


Manfaat Microgreen

Microgreen memiliki segudang manfaat bagi manusia. Bagi kaum wanita yang sedang menjalani diet untuk mempertahankan berat badan ideal, menjadi pilihan tepat. Rasa yang ditawarkan sedikit berbeda namun umumnya agak pahit, manis dan asam. Karena ukuran yang kecil, jumlah konsumsinya terbatas, rasa seperti ini bisa diabaikan mengingat nutrisi yang ada didalamnya.
Microgreen mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini bermanfaat menjaga kesehatan tubuh jangka panjang. Mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas. Serta mampu melawan zat karsinogen yang berpotensi menyebabkan kanker. Baik dikonsumsi pada saat tubuh tidak fit untuk mendapatkan stamina tambahan. Mampu mempercepat penyembuhan luka dan pasca operasi karena kandungan protein tinggi.

Mampu meningkatkan kecerdasan otak, mencegah resiko demensia atau pikun dan alzheimer. Nutrisi alami yang terdapat di setiap bagian tanaman aman dikonsumsi jangka panjang. Namun perlu diperhitungkan jumlahnya mengingat bahan makanan ini lebih baik dikonsumsi mentah. Dalam kondisi mentah nutrisi alami microgreen lebih terjaga dan memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Itulah pembahasan lengkap mengenai microgreen, kandungan gizi dan manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Konsumsilah sayuran jenis ini secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar dalam waktu yang lama.

 

Mengenal Hortikultura Microgreen dan Jenisnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *