Mengenal Jenis Tanaman Keladi

tanaman keladi

Keladi adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak peminat. Setelah aglonema dan monstera (janda bolong), kini pesona tanaman hias yang diprediksi akan populer adalah tanaman keladi. Coraknya yang cantik dan beragam membuat tanaman ini cocok untuk menjadi penghias rumah Anda. Anda juga bisa memulai untuk memikirkan tanaman keladi sebagai pilihan untuk menghiasi rumah Anda. Namun sebaiknya, Anda perlu mengetahui seluk beluk tanaman tersebut dan cara merawat yang benar.

Mengenal Tanaman Keladi

Tanaman hias keladi dikenal dengan nama latin Caladium. Masuk ke dalam kelompok suku talas atau araceae. Tanaman tropis ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Adapun ciri dari keladi, yaitu bentuk daun lebar memanjang ke depan membentuk hati, daun tipis, corak warna yang mencolok seperti hijau, putih, pink, dan merah, berumbi, dan tidak memiliki batang namun memiliki tangkai daun yang panjang.

Ada pula yang menyebut tanaman ini berbentuk sayap malaikat dan kuping gajah. Karena jika dilihat dengan cermat memang bentuk daunnya cukup unik. Menurut Klik Hijau, tanaman keladi yang berada di pasaran merupakan hasil penyilangan (hibrida). Dengan Teknik ini, banyak melahirkan varietas-varietas keladi yang memesona. Tak heran banyak sekali jenis tanaman keladi yang unik dan memukau menarik perhatian para pecinta tanaman untuk mulai meliriknya. Untuk harganya bervariasi mulai Rp20.000 hingga Rp400.000.

Jenis-Jenis Tanaman Keladi

Ada beragam varietas atau jenis tanaman keladi yang bisa menghiasi rumah Anda. Perlu diketahui, ada beberapa tanaman keladi yang mampu dibawah sinar matahari dan ada yang tidak boleh langsung terpapar sinar matahari. Ini tergantung jenisnya. Inilah beberapa jenis-jenis tanaman keladi:

1. Keladi Tricolor

keladi tricolor

Keladi jenis ini berbeda dengan pada umumnya. Adanya Corak bintik-bintik berwarna pink dan putih menyebar di bagian daun. Keladi tricolor bisa tumbuh 12-18 inci. Letakkan tanaman ini di tempat yang penuh pencahayaan.

2. Keladi Jaguar

keladi jaguar

Tanaman ini memiliki daun berukuran sedang dan lebar dan tinggi sekitar 12-24 inci. Corak daun berwarna merah ditengah dengan pinggiran hijau.

3. Keladi Whorton

keladi whorton

Jenis tanaman ini bisa mentoleransi sinar matahari. Tampilan corak warna daun berwarna pink muda dengan garis bercabang pink tua, dan berbintik putih. Daun keladi whorton bisa tumbuh 18-30 inci (45-60cm)

4. Keladi Red Bone

keladi red bone

Memiliki tiga warna di daunnya, tanaman keladi ini sangat cantik. Terdapat warna pink tua bergaris seperti tulang, dikelilingi paduan warna pink muda, dan bintik-bintik di sekitarnya, serta pinggiran hijau di daun. Jenis keladi ini bisa mentoleransi 4-6 jam paparan matahari.

5. Keladi Red Flash

keladi red flash

Keladi hias red flash bisa tumbuh hingga tinggi 24-36 inci (60-90cm). Daun yang berwarna merah dan dihiasi bintik-bintik putih menyebar di tengah daun dengan pinggiran hijau yang menjadi ciri khas keladi.

6. Keladi Putih

keladi putih

Tanaman ini hanya memiliki dua warna yang didominasi putih terang. Pola daun yang bercabang menuju pinggiran daun. Sayangnya, daun ini tidak bisa berada ditempat yang terpapar sinar matahari langsung. Bisa tumbuh hingga 12-24 inchi.

7. Keladi Tikus

keladi tikus

Jenis tanaman ini memang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Selain bisa menghiasi rumah, keladi tikus juga mampu untuk mengobati bisul atau penyakit kulit lainnya. Caranya tumbuk daun dan ambil ampasnya lalu oleskan di tempat yang luka. Anda juga harus berhati-hati karena keladi ini masuk ke dalam tanaman beracun.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *