Pengertian Tanaman Hias, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk mempercantik dan menghiasi ruangan atau lingkungan. Selain itu, tanaman hias juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kualitas udara di sekitar tempat tumbuhnya, membantu menghilangkan stres, serta memperbaiki suasana hati. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian, jenis, dan manfaat dari tanaman hias.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk keindahan dan keelokan bentuk, warna, tekstur, dan aroma yang dihasilkan. Tanaman hias dapat ditanam di berbagai tempat seperti di dalam rumah, kantor, taman, halaman rumah, atau bahkan di jalanan. Tanaman hias memiliki berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang kecil seperti bunga krokot, hingga yang besar seperti pohon beringin atau pohon cemara.

Jenis Tanaman Hias

Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat ditanam, di antaranya:

a. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun memiliki daya tarik utama pada daunnya yang indah dan berwarna-warni. Beberapa jenis tanaman hias daun yang populer di antaranya adalah kaktus, puring, sansevieria, monstera, philodendron, dan calathea.

b. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga memiliki daya tarik utama pada bunganya yang indah dan bervariasi warna dan bentuknya. Beberapa jenis tanaman hias bunga yang populer di antaranya adalah mawar, krisan, anggrek, lavender, dan bougenville.

c. Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah memiliki daya tarik utama pada buahnya yang indah dan bervariasi bentuk dan warnanya. Beberapa jenis tanaman hias buah yang populer di antaranya adalah pohon ceri, pohon jeruk, dan pohon apel.

d. Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung biasanya ditanam di pot dan digantungkan di langit-langit atau di dinding, sehingga memberikan kesan yang indah dan menarik. Beberapa jenis tanaman hias gantung yang populer di antaranya adalah ivy, krisan, dan spider plant.

Manfaat Tanaman Hias

Selain sebagai penghias lingkungan, tanaman hias juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

a. Meningkatkan Kualitas Udara

Tanaman hias dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar tempat tumbuhnya. Tanaman hias dapat menyerap zat-zat berbahaya di udara seperti karbon monoksida, formaldehid, dan benzena.

b. Membantu Menghilangkan Stres

Tanaman hias dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa melihat tanaman hias dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

c. Memperbaiki Suasana Hati

Tanaman hias juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa melihat tanaman hijau dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan rileks. Selain itu, tanaman hias juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang.

d. Mengurangi Polusi Suara

Tanaman hias juga dapat membantu mengurangi polusi suara di sekitar tempat tumbuhnya. Tanaman hias dapat menyerap suara yang berasal dari luar ruangan, sehingga dapat mengurangi kebisingan di dalam ruangan.

e. Menambah Keindahan Lingkungan

Tanaman hias dapat menambah keindahan lingkungan di sekitar tempat tumbuhnya. Tanaman hias yang ditanam di taman, halaman, atau di pinggir jalan dapat memberikan keindahan dan warna pada lingkungan sekitarnya.

f. Menambah Nilai Estetika

Tanaman hias juga dapat menambah nilai estetika pada suatu tempat. Tanaman hias yang ditanam dengan baik dan dirawat dengan baik dapat memberikan kesan yang indah dan menarik pada lingkungan di sekitarnya.

g. Sebagai Investasi

Tanaman hias juga dapat dijadikan sebagai investasi. Beberapa jenis tanaman hias memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Cara Merawat Tanaman Hias

Merawat tanaman hias tidaklah sulit, asalkan dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat tanaman hias:

  1. Menyiram tanaman secara teratur, namun tidak terlalu banyak sehingga tanah tidak tergenang.
  2. Memberikan pupuk secara teratur untuk menjaga kesehatan tanaman.
  3. Menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit.
  4. Memangkas tanaman secara teratur untuk menjaga bentuk dan pertumbuhan tanaman.
  5. Menempatkan tanaman di tempat yang sesuai dengan kebutuhan sinar matahari.
  6. Membersihkan daun tanaman secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tanaman.

Pengertian Hortikultura, Jenis, dan Manfaatnya

Penutup

Tanaman hias merupakan tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk mempercantik dan menghiasi lingkungan di sekitarnya. Selain itu, tanaman hias juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kualitas udara, membantu menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, mengurangi polusi suara, menambah keindahan lingkungan, dan sebagai investasi. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat ditanam, dan merawat tanaman hias juga tidaklah sulit jika dilakukan dengan benar.

 

Pengertian Tanaman Hias, Jenis dan Manfaatnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *