Ketahui tentang Ikan Discus (Symphysodon spp.)

Discus (Symphysodon spp.)

Ikan Discus (Symphysodon spp.) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan penghobi ikan. Ikan ini terkenal karena keindahan corak dan warna yang dimilikinya, sehingga sering disebut sebagai “raja ikan air tawar”. Selain itu, ikan hias Discus juga terkenal karena kepribadiannya yang unik dan perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan pengetahuan yang cukup.

Ikan Discus (Symphysodon spp.)

Ikan Discus juga dikenal dengan sejumlah nama populer di masyarakat Indonesia, antara lain:

  1. Ikan Diskus
  2. Ikan Dus
  3. Ikan Cupang Hutan
  4. Ikan Gurame Hutan
  5. Ikan Siput
  6. Ikan Pangka
  7. Ikan Pepohonan

Namun, nama populer untuk ikan Discus dapat bervariasi tergantung pada daerah atau wilayah di Indonesia.

Asal Usul dan Habitat Asli Ikan Discus

Ikan Discus berasal dari perairan Amazon di Amerika Selatan, terutama di daerah hulu Sungai Amazon dan anak sungainya seperti Rio Negro, Rio Tapajos, dan Rio Solimoes. Habitat asli ikan Discus adalah di perairan yang tenang, dengan air yang jernih dan sedikit mengalir. Ikan ini biasanya ditemukan di sekitar hutan hujan Amazon yang lebat.

Deskripsi Fisik Ikan Discus

Ikan Discus memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bulat, dengan sirip dada yang besar dan meruncing. Ukuran tubuhnya bervariasi dari 10 hingga 20 cm, tergantung pada jenis dan kondisi perawatan. Ikan Discus memiliki corak dan warna yang sangat bervariasi, mulai dari putih, kuning, oranye, merah, biru, hijau, hingga hitam. Warna-warna ini biasanya dipadukan dengan garis-garis atau bercak-bercak di seluruh tubuhnya.

Jenis-jenis Ikan Discus

Ada beberapa jenis ikan Discus yang populer di antara penghobi ikan, antara lain:

1. Blue Discus (Symphysodon aequifasciatus)

Blue Discus memiliki warna biru gelap yang menakjubkan dan dipadukan dengan garis-garis putih dan hitam pada tubuhnya.

2. Green Discus (Symphysodon aequifasciatus)

Green Discus memiliki warna hijau yang memukau dan dipadukan dengan garis-garis hitam pada tubuhnya.

3. Red Discus (Symphysodon aequifasciatus)

Red Discus memiliki warna merah cerah yang menawan dan dipadukan dengan garis-garis hitam pada tubuhnya.

4. Heckel Discus (Symphysodon discus)

Heckel Discus memiliki warna dasar putih dan garis-garis hitam yang khas pada tubuhnya.

5. Pigeon Blood Discus (Symphysodon discus)

Pigeon Blood Discus memiliki warna putih susu yang indah dan bercak-bercak merah pada tubuhnya.

Perawatan Ikan Discus

Ikan Discus membutuhkan perawatan yang khusus dan cukup rumit. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan Discus adalah sebagai berikut:

Kualitas air

Kualitas air yang baik sangat penting bagi kesehatan ikan Discus. Air harus memiliki pH yang stabil (antara 6,0 hingga 7,5), suhu yang konstan (antara 27 hingga 31 derajat Celsius), dan kadar amonia serta nitrit yang rendah.

Makanan

Ikan Discus adalah pemakan segala, tetapi makanan yang tepat sangat penting bagi kesehatannya. Pemberian makanan berupa pellet atau granul yang mengandung nutrisi lengkap sangat disarankan. Selain itu, ikan Discus juga membutuhkan makanan tambahan seperti cacing darah, udang rebon, atau ikan kecil.

Lingkungan

Ikan Discus membutuhkan lingkungan yang tenang dan damai. Jangan meletakkan ikan Discus dengan ikan lain yang terlalu aktif atau agresif. Jangan pula mengganti air terlalu sering karena hal tersebut dapat menimbulkan stres pada ikan Discus.

Penggantian air

Penggantian air secara rutin sangat penting untuk menjaga kualitas air dan kebersihan lingkungan ikan Discus. Penggantian air sebanyak 10-15% setiap minggu sangat disarankan.

Perawatan filter

Perawatan filter juga sangat penting bagi kesehatan ikan Discus. Bersihkan filter secara berkala untuk menjaga agar filter berfungsi dengan baik dan tidak menghasilkan zat-zat berbahaya yang dapat merusak kualitas air.

Pencahayaan

Ikan Discus membutuhkan pencahayaan yang cukup, tetapi tidak terlalu terang. Gunakan lampu yang tepat dan hindari paparan sinar matahari langsung.

Ketersediaan tempat bersembunyi

Ikan Discus juga membutuhkan tempat bersembunyi yang cukup dalam akuarium. Pemberian dekorasi seperti batu, kayu, atau tanaman hidup dapat menjadi tempat bersembunyi yang ideal bagi ikan Discus.

Ketahui tentang Ikan Gourami (Trichogaster spp.)

Penutup

Ikan Discus merupakan ikan hias yang populer dan menarik perhatian banyak penghobi ikan. Namun, perawatan yang tepat dan teliti diperlukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan ikan Discus. Dengan memperhatikan kualitas air, pemberian makanan yang tepat, lingkungan yang tenang, penggantian air yang rutin, perawatan filter, pencahayaan yang cukup, dan ketersediaan tempat bersembunyi yang cukup, penghobi ikan dapat menjaga kesehatan dan keindahan ikan Discus dengan baik.

Selain itu, dengan memilih jenis ikan Discus yang sesuai dengan preferensi pribadi dan perawatan yang tepat, penghobi ikan dapat menikmati keindahan dan kepribadian unik dari ikan Discus dalam akuarium mereka.

 

Ketahui tentang Ikan Discus (Symphysodon spp.)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *